Blog Komputer

Blog khusus membahas tentang Programming, Informasi seputar komputer dan desain

Friday 31 March 2017

Pengertian Manajemen Proyek dan Tahapan Manajemen Proyek

Manajemen Proyek

Manajemen Proyek adalah usaha pada suatu kegiatan agar tujuan kegiatan tersebut bisa tercapai secara efisien dan efektif.  Efektif dalam hal penggunaan sumber daya dan kegiatan sesuai dengan sasarannya yang meliputi kualitas biaya, dan waktu. Efisien dalam pemilihan jumlah, jenis dan penggunaan sumber daya lain.



Manajemen Proyek meliputi:

Planning: Perencanaan kegiatan
Organizing: Pengaturan kegiatan
Controlling: Pelaksanaan dan pengendalian

ketiga point di atas dikenal sebagai Proses Manajemen.

didalam Manajemen Proyek terdapat bagian-bagian penyusun konsep kerja (Framework) yang digunakan untuk memahami konsep Manajemen Proyek secara keseluruhan. konsep tersebut dibagi menjadi beberapa bagian,(Manajemen Integrasi), manajemen Integrasi terdiri dari:

  • Manajemen Ruang Lingkup (Scope Management)
  • Manajemen Waktu Proyek (Time Management)
  • Manajemen Biaya Proyek (Financial Management)
  • Manajemen Kualitas (Quality Management)
  • Manajemen SDM (Human Resouces Management)
  • Manajemen Komunikasi dalam Proyek (Communication Management)
  • Manajemen Resiko dalam Proyek (Risk Management)
  • Manajemen Sumberdaya dari luar Organisasi yang menunjang pelaksanaan Proyek (Procument Management) atau dikenal dengan sebutan Outsourcing atau Detasering
dengan dibaginya konsep kerja ke dalam sub-sub bagian. maka diharapkan akan tercipta suatu interaksi antara satu bagian dengan bagian yang lain. sehingga pengerjaan proyek bisa lebih terstruktur dan selesai sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Tahapan Proyek

Sebelum merancang Tahapan Proyek, ada baiknya kita mengetahui kenapa proyek bisa muncul? atau apa yang melatarbelakangi kelahiran sebuah proyek?
ada sekitar 7 alasan kenapa proyek itu ada, yaitu antara lain:

  • Adanya Permintaan dari klien
  • Tugas Mahasiswa
  • Adanya inisiatif dari pelaksananya
  • Kepentingan Bisnis
  • Persaingan/tuntutan pasar
  • Mengikuti tren yang ada

dalam pembuatan Proyek, ada yang namannya Project Charter yang bertugas untuk mengetahui tahap awal terbentuknya proyek.

Tahapan Project Charter terdiri dari:
  1. Penentuan Nama, dan arti namanya apa
  2. Sponsor & kontak informasi, sponsor ini digunakan untuk pendanaan proyek
  3. Manager Project , yaitu Orang yang bertanggungjawab atas proyek dan bertugas me-manage Proyek
  4. Goal Project (Menentukan tujuannya), inilah yang juga digunakan untuk menarik sponsor
  5. Penjelasan asal muasal proyek
  6. Strategi Global dalam pelaksanaan proyek
  7. Sarana Prasaran proyek yang terdiri dari biaya, proyek dll
  8. Hasil akhir Proyek (berupa Keterbaruan, bagaimana produk dari proyek ini untuk jangka panjangnya)
Ketergunaan Project Charter:

  1. Mengetahui Definisi awal Proyek secara jelas
  2. Mengetahui atribut-atribut dalam proyek
  3. Bisa mengidentifikasi Proyek
  4. Mengetahui peran kerja orang-orang utama dalam Proyek, dan mengetahui kontak informasinya
  5. Akhirnya terciptalah sesuatu, atau produk

0 comments:

Post a Comment